Tuesday, August 01, 2006

[TIPS] Pastikan boncengers anda aman

Semoga bermanfaat bagi yang sering membawa boncengers

Apabila anda ingin membawa boncengers, maka anda harus benar-benar siap menjamin keselamatan bagi boncengers anda. Dengan membawa boncengers maka anda tidak hanya memperhatikan keselamatan bagi diri anda pribadi saja, tetapi anda juga harus memperhatikan keselamatan hidup orang lain ("Safekeeping") boncengers selama berada diatas motor anda. Tetapi hanya sedikit orang yang menyadari bagaimana pentingnya tanggung jawab seperti ini.

Sebelum anda mempersilahkan boncengers naik keatas sepeda motor anda, maka yang pertama harus anda lakukan adalah menjamin bahwa boncengers telah memakai perlengkapan standard safety diantarnya adalah helm yang memenuhi standard Departement Of Transportation (DOT),Jaket, dan sepatu

BUSANA: Lebih disarankan menggunakan jaket yang berbahan dasar kulit, jika tidak ada minimal jaket berbahan dasar coreroy atau jean untuk digunakan, TIDAK DISARANKAN MENGGUNAKAN KAOS ATAU PAKAIAN LENGAN BUNTUNG.

ALAS KAKI :Lebih disarankan menggunakan sepatu model boots,apabila tidak ada minimal menggunakan sepatu berbahan dasar kulit atau jenis lainnya dengan tinggi minimal sampai menutupi mata kaki,hal ini bertujuan untuk mencegah cederanya engkel apabila boncengers terjatuh.

SARUNG TANGAN : Disarankan untuk mengggunakan sarung tangan berbahan dasar kulit yang tujuannya untuk melindungi telapak tangan dan jemari boncengers dari gesekan dan benturan dengan aspal atau tanah apabila terjatuh.

HELM: Minimal HALF-FACE dengan shield (kaca), apabila tidak dilengkapi shield maka usahakan menggunkan kaca mata atau eye-protector. Lebih dirokemendasikan menggunkan helm FULL-FACE karena dapat melindungi wajah dan dagu.

SEBELUM BONCENGERS NAIK, ANDA HARUS MEMBERIKAN INSTRUKSI
KEPADANYA tentang apa yang harus kira-kira dilakukan, selama naik dibagian belakang motor anda. Boncengers harus mematuhi 8 peraturan selama berada diatas motor dan mereka harus mematuhinya atau tidak HANYA JIKA ANDA MEMPERBOLEHKANNYA.

1. Boncenges boleh menaiki sepeda motor ketika kaki raiders(pengendara) telah bertumpu kedua-duanya diatas tanah dan posisi tangan raiders menahan stang kemudi.
2. Naik dari sisi sebelah kiri motor (sama seperti raiders)
3. Duduk diposisi berada di belakang raiders pada jok. Dan tidak melakukan gerakan-gerakan yang membahayakan seperti miliak-liukan badan.
4. Usahan posisi pegangan dipinggang raiders atau pegangan ke sepeda motor jika dilengkapi tempat untuk pegangan.
5. Posisi kaki harus berada pada footstep boncengers.
6. Mengetuk helm raiders apabila merasa kurang nyaman,kurang safety atau merasa sakit dan alasan lainnya.
7. Usahakan tidak mengobrol (kcuali sangat penting) karena dapat menggangu konsentrasi raiders selama sepeda motor berjalan.
8. Usahakan melambaikan tangan dengan sesame rekan bikers (jika kenal).

No comments:

Post a Comment